Keindahan Taman Kota Dadaha di Tasikmalaya

Saya sering denger orang-orang ngobrol kalo makin ke sini orang tuh dengan tetangga aja semakin gak kenal. Saya sih mikir bisa iya bisa tidak.

Sebenernya menurut saya insting manusia itu karena mahluk sosial akan berupaya untuk saling kenal dan berinteraksi satu sama lain.

Taman Dadaha di Tasikmalaya
Taman Dadaha di Tasikmalaya

Yang jadi masalah adalah ketika sudah di rumah mungkin ada rasa sungkan untuk saling berkunjung. Nah, di sini lah saya kira perlunya ada ruang publik yang bisa digunakan untuk saling berinteraksi.

Danau Taman Dadaha di pusat kota
Danau Taman Dadaha di pusat kota
 
Bunga di sudut taman kota Dadaha
Bunga di sudut taman kota Dadaha

Landscape Taman Dadaha
Landscape Taman Dadaha

Kembali ke judul ? Saya kira itu seperti pertanyaan bodoh (kalo ada orang bertanya seperti itu). Karena paling tidak dari uraian sedikit saja di atas sudah nampak manfaat pentingnya.

Kalau melihat fungsi dan manfaat yang ditimbulkan dari sebuah taman kota, taman kota seharusnya menjadi poin penting dalam perencanaan sebuah kota. Karena selain berfungsi untuk menjaga kualitas lingkungan perkotaan yang padat aktivitas, taman kota dapat menjadi sarana interaksi di dalam lingkungan perkotaan yang kini mengarah pada individualis. 

Taman Dadaha sebagai sarana berinteraksi dan bermain anak
Taman Dadaha sebagai sarana berinteraksi dan bermain anak
 
Selain itu juga menumbuhkan rasa toleransi, tidak hanya terhadap sesama manusia juga terhadap mahkluk hidup lainnya, karena taman merupakan habitat satwa seperti burung, hewan air dan sebagainya.  
Taman yang baik merupakan cerminan kota dengan manusia (masyarakat) yang baik. Manusia (masyarakat) merupakan aspek penting dalam sebuah kota, sehingga kualitas manusia (masyarakat) akan mempengaruhi kualitas sebuah kota.

Jadi keberadaan taman kota itu penting banget….

Apa yang terjadi di Taman Dadaha ?

Selalu saja ada sebagian warga kota (atau jangan-jangan dari luar kota) yang mungkin tidak mempunyai rasa memiliki, jadilah berburu di sana sini, curat coret, atau tempat kabur sebagian siswa ....

Masyarakat sekitar sampai harus membuat tulisan seperti ini.

Coretan di Taman

Coretan di Taman
Tempat kabur anak sekolah

Nah, ... kalo orang yang normal saya kira akan ikut menjaga keberadaan taman kota. Kenapa tidak ? Kecuali Anda mau dibilang orang tidak normal hahaha ...
Keindahan Taman Kota Dadaha di Tasikmalaya Keindahan Taman Kota Dadaha di Tasikmalaya Reviewed by Ghost Ships on 4:06 AM Rating: 5

7 comments:

  1. bagaimana mencegah aksi vandalisme? di tasik masih sangat banyak pemuda harapan bangsa yg tidak menghargai asset lokal, apakah harus difasilitasi oleh pemkot suatu tempat khusus utk mengapresiasi pemuda-pemuda tsb? seperti di kota bogor ada taman corat-coret

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip Gan ... tks udah mampir, semoga pihak terkait membaca komentar Agan ...

      Salam.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. kesasar terus klo k sana...ga tau arah

    ReplyDelete
    Replies
    1. koq kesasar ? dari arah mana ? cari aja jl tentara pelajar, arah nagarawangi, ada pertigaan depan toko poypoy ke arah gelanggang olahraga dadaha.
      Biar gampang ini koordinatnya S7.337655 E108.220771
      Semoga gak nyasar lagi ya...

      Delete
  4. meskipun ciri kehidupan perkotaan cencerung individualistis namun setiap orang tetap memiliki kewajiban menjaga jika itu terkait fasilitas publik, taman kota adalah salah satu aset kota bersifat publik yang harus dijaga bersama dari kerusakan

    ReplyDelete

Semua komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terima kasih.

Powered by Blogger.