Berburu Ketupat Air Tanjung dari Tasikmalaya

Ketupat merupakan kuliner khas Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Tetapi mungkin tidak banyak yang tahu kalau Tasikmalaya memiliki ketupat yang khas, lain daripada yang lain. Bentuknya memang sama persis dengan ketupat biasa. Tetapi ketika matang, ketupat air Tanjung cangkangnya akan tampak berwarna merah.

Pedagang ketupat air Tanjung ramai pembeli menjelang Lebaran. Foto : Situs Pemkot Tasikmalaya.. http://tasikmalayakota.go.id/berita-448-kupat-air-tanjung-ketupat-asli-kota-tasikmalaya.html
Pedagang ketupat air Tanjung ramai pembeli menjelang Lebaran.
Foto : Situs Pemkot Tasikmalaya.

Selain itu, ketupat biasa hanya tahan dalam 1-2 hari ketupat Tanjung ini keawetannya bisa mencapai 5 hari dan tanpa bahan pengawet. Ketupat Tanjung ini rasanya lezat, kenyal dan tidak mudah basi.

Ternyata rahasia keunikan ketupat Tanjung ini diperoleh dari air tanjung yang dipakai untuk merebus ketupat ini. Air Tanjung ini memang secara alami sudah berasa asin dan gurih. Konon katanya air tanjung ini telah diperiksa di labolatorium Dinas Kesehatan dan air tanjung ini mengandung dua belas zat bermanfaat di dalamnya.

Air Tanjung ini bisa didapatkan di Kampung Tanjung Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Biasanya menjelang lebaran, antrian warga akan tampak memanjang untuk membeli air tanjung untuk memasak ketupat Lebaran.

Air Tanjung ini biasanya dijual seharga Rp 15 ribu/jerigennya. Sementara ketupat Tanjungnya biasanya dijual Rp 2000/buah.

Dengan harga yang sangat terjangkau, maka tidak salah apabila menjelang Lebaran banyak warga yang berburu ketupat Tanjung ini. Dan ternyata peminatnya bukan hanya dari Kota Tasikmalaya saja, tetapi sampai dari luar kota juga banyak yang mengantri.
Berburu Ketupat Air Tanjung dari Tasikmalaya Berburu Ketupat Air Tanjung dari Tasikmalaya Reviewed by Ghost Ships on 12:25 AM Rating: 5

9 comments:

  1. Yang jualan air tanjungnya siapa? Terus ternyata mengandung apa ya airnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg jual di Kec. Kawalu Tasikmalaya. Menurut info banyak mengandung mineral.
      Klo gak mau repot bisa beli langsung ketupatnya

      Delete
  2. Waaah baru tau ada ketupat yg dimasak ama air khusus gini. Sayang ga ada di jkt yaa, aku bakal beli kalo ada. Lumayan banget kalo bisa thn lama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo mampir Tasik selain ngeborong bordiran, boleh dicoba belanja ketupat hehehe

      Delete
  3. wah ternyata banyak jenis kupat , nah kalai ini dari tasik jd penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo hari Minggu gini, suka ada yg jual di area Tasikmalaya Car Free Day, kadang di event pameran jg sk ada

      Delete
  4. baru tahu, wkwkwk
    salam blogger Tasikmalaya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah masa baru tahu hehehe
      salam kenal juga Gan ya

      Delete
  5. Wahh unik ya ketupatnya. Bisa awet sampai 5 hari.

    ReplyDelete

Semua komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terima kasih.

Powered by Blogger.