Mengenal Tugu Koperasi di Tasikmalaya, Mengenang Sejarah Berdirinya Koperasi Indonesia

Kota Tasikmalaya dikenal sebagai kota santri dan dikenal pula memiliki banyak kerajinan. Kota Tasikmalaya dan sekitarnya memiliki banyak pusat kerajinan, diantaranya : kerajinan bordir, kerajinan anyaman, kerajinan makanan olahan, batik, kelom geulis dan masih banyak kerajinan lainnya. Hampir semua masih berupa usaha kecil menengah (UKM). Ternyata karena memiliki banyak UKM itu, Koperasi berkembang dan lahir di Kota Tasikmalaya. Hal ini terbukti dengan terdapatnya Tugu Peringatan Kongres Koperasi Indonesia. Tugu ini merepresentasikan Sejarah Koperasi Indonesia.

Foto Tugu Koperasi Indonesia di Tasikmalaya.
Tugu Koperasi Indonesia di Tasikmalaya.
Alamat Tugu Koperasi Indonesia berada di Jl. Dr. Moh. Hatta No : 63, Kel. Sukamanah Kec. Cipedes Kota Tasikmalaya. Koordinat Tugu Koperasi Indonesia berada pada titik S7.3193 E108.2226. Jarak Tugu Koperasi dari  pusat kota Tasikmalaya sekitar 2 km.
Tugu Koperasi Indonesia terletak di jalan raya nasional di Kota Tasikmalaya.
Tugu Koperasi Indonesia terletak di jalan raya nasional di Kota Tasikmalaya.
Untuk lebih jelasnya, lokasi Tugu Koperasi Indonesia dapat dilihat pada google maps berikut.

Lokasi Tugu Koperasi Indonesia yang berada di jalan nasional ini sangat mudah ditemukan. Jalan Moh. Hatta ini dilintasi kendaraan dari Tasikmalaya menuju Ciamis, Cilacap, dan Jawa Tengah.

Keberadaan Tugu Koperasi di Tasikmalaya ini, sampai sekarang masih utuh dan terawat dengan baik. Tugu Koperasi ini bentuknya berupa 12 pilar dengan tinggi 3 meter. Pilar ini berjajar setengah lingkaran mengelilingi logo koperasi lama yang berbentuk pohon beringin terbuat dari kuningan.
Tugu Koperasi Indonesia di Tasikmalaya.
Tugu Koperasi Indonesia di Tasikmalaya.
Tugu Koperasi Indonesia di Tasikmalaya.
Foto close up Tugu Koperasi Indonesia di Tasikmalaya.
Sign board Tugu Koperasi Indonesia di Tasikmalaya.
Sign board Tugu Koperasi Indonesia di Tasikmalaya.
Pilar pada tugu yang berjumlah 12 menyimbolkan tanggal. Tanggal 12 Juli 1947 yang merupakan hari Koperasi Nasional dan di tempat berdirinya tugu Koperasi itulah kongres koperasi pertama kali digelar tanggal 12-14 Juli 1947.

Di sebelah Tugu Koperasi Indonesia, beridiri plang atau papan nama yang  tertulis catatan “Di sini tempat berlangsungnya kongres koperasi yang pertama, tanggal 12-14 Juli 1947 antara lain memutuskan, 12 Juli sebagai hari Koperasi Indonesia".

Masih di dalam kompeks Tugu Koperasi sampai sekarang masih beroperasi usaha Pusat Koperasi Kota-Kabupaten Tasikmalaya (KPPT). Koperasi ini didirikan tahun 1943, jauh sebelum kongres koperasi pertama digelar. Pada zamannya, KPPT  merupakan koperasi terbesar di Tasikmalaya bahkan di Indonesia.

Di zaman kejayaannya, KPPT yang merupakan koperasi terbesar di Tasikmalaya memiliki berbagai unit usaha mulau simpan pinjam hingga pabrik tenun. Mungkin itulah asal muasalnya kenapa banyak tukang kredit dari Tasikmalaya. Sampai sekarang, tukang kredit ini keberadaanya ada hampir di seluruh Indonesia.
Selfie di depan Tugu Koperasi Indonesia.
Selfie di depan Tugu Koperasi Indonesia.
Itulah sekilas flash back mengenal Tugu Koperasi di Tasikmalaya yang merupakan sejarah berdirinya Koperasi di Indonesia. Apabila anda berkunjung ke Tasikmalaya, selain wisata belanja dan wisata kuliner, sempatkan mampir untuk wisata sejarah ke Tugu Koperasi Indonesia.

Mengenal Tugu Koperasi di Tasikmalaya, Mengenang Sejarah Berdirinya Koperasi Indonesia Mengenal Tugu Koperasi di Tasikmalaya, Mengenang Sejarah Berdirinya Koperasi Indonesia Reviewed by Ghost Ships on 2:31 AM Rating: 5

2 comments:

  1. wah mungil ya tapi bisa mengenang koperasi ay , semoga koperasi bisa jd bagian dr masarakat memajukan roda ekonomi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, jangan sampai koperasi "dikalahkan" oleh rentenir

      Delete

Semua komentar akan muncul setelah dimoderasi. Terima kasih.

Powered by Blogger.